DSC_0075

Sebagai orangtua, Anda mungkin sering mendengar anak berkata, “Bosan!” ketika anak kehabisan ide aktivitas bermain. Sesekali, bantulah anak-anak dengan berbagai aktivitas sebagai berikut:

Main di luar

Ajak ke luar rumah. Udara segar di luar rumah akan mengubah suasana hati. Bawa ke taman terdekat, atau hanya bersepeda di lingkungan perumahan. Bisa juga  mengajak mereka berenang. Acara dadakan biasanya lebih terasa menyenangkan.  Kalau Anda sedang butuh berbelanja, ajak saja mereka ke supermarket terdekat. Berjalan kaki dengan mereka, dan berikan hadiah makanan kesukaan mereka, atau beli bahan makanan untuk dimasak bersama anak-anak. Membuat pop corn atau roti bakar, misalnya.

Bermain di rumah

Kalau tak mau ke luar rumah, main di dalam rumah juga bisa seru. Lupakan game di gadget. Ajak anak-anak bermain dengan orangtua. Caranya mainkan permainan seperti monopoli atau ular tangga. Atau ambil buku aktivitas. Biasanya ada beragam aktivitas yang belum dikerjakan anak. Kalau belum punya koleksi buku aktivitas, mulailah mengoleksinya. Di bagian akhir buku aktivitas, kita bisa menemukan permainan sederhana semacam ini. Asyiknya, kita harus membaca dulu ceritanya agar bisa menyelesaikan permainan ini dengan benar. Jadi ada kegiatan membaca dan bermain.

capture-20170602-160547

Arisan Aktivitas

Seperti arisan, kita menulis nama-nama aktivitas di beberapa kertas. Misalnya, main bola, berenang, mewarnai, main petak umpet, dan aktivitas lain serta beberapa kertas kosong tanpa tulisan. Kertas digulung dan dimasukkan ke dalam gelas yang diberi lubang kecil. Kemudian gelas dikocok. Seperti arisan biasa, keluarkan satu gulungan kertas. Jika kosong, kocok lagi dan keluarkan  lagi satu kertas. Apa isinya? Itulah aktivitas terpilih yang akan dimainkan bersama untuk mengusir kebosanan. Anak-anak pasti menyukainya.

Berkreasi dan Memasak

Ambil kertas dan pensil warna. Buatlah semacam daftar menu makanan di restoran. Tambahkan gambar pada menu tersebut. Hiasi pinggiran kertas dengan ornamen berwarna.  Usahakan daftar menu menyesuaikan persediaan bahan makanan yang ada di rumah. Lalu mulailah bermainlah, Anda sebagai pemilik restoran dan anak-anak sebagai tamu restoran yang memesan makanan dan minuman. Masaklah sesuai pesanan. Agak repot sedikit, tapi semua akan merasa senang.

Selamat mencoba! [rst]