Iacopo Bruno: Sosok di Balik Sampul-Sampul Buku Memukau

Serba-Serbi-Iacopo Bruno:Sosok di Balik Sampul Sampul Buku Memukau
Serba-Serbi-Iacopo Bruno:Sosok di Balik Sampul Sampul Buku Memukau

Berbahagialah jika sampul bukumu dirancang oleh Iacopo Bruno. Keterampilan dan keahliannya di bidang ilustrasi membuat banyak penerbit besar mempercayakan rancangan sampul bukunya kepada Bruno. Kenalan yuk!

Coba kamu lihat rancangan sampul Bruno untuk serial Bliss Bakery buku 1-3? Memesona banget kan? Hampir semua pembaca Bliss Bakery, selain suka dengan ceritanya yang seru, juga jatuh cinta dengan sampulnya yang wow-keren-pake-banget! Biru menjadi warna utama pada sampul-sampul Bliss Bakery. Lihat bagaimana Bruno mengilustrasikan toko kue Bliss Bakery di buku satu, Bliss. Toko bercat biru dengan jendela besar, di dalamnya ada adegan para tokoh cerita dengan beragam kue yang bikin kita pengen mencomot kue tersebut.

Pada buku kedua, Dash of Magic, Bruno menggambarkan adegan yang lebih dinamis. Rose, Thy, dan Sage, plus kucing dan tikus (yang juga tokoh cerita!) seperti mengejar sesuatu dengan latar belakang Menara Eiffel. Kita seakan diajak bertualang mendapatkan kembali buku resep ajaib keluarga Bliss yang dicuri Bibi Lily dan mengikuti kompetisi masak internasional di Paris.

Nah, lain lagi dengan sampul buku ketiga, Bite-Sized Magic. Detail ilustrasi mesin pengolah dan pengoper kue tampak jelas, sesuai jalan cerita yang disuguhkan Kathryn Littlewood, tentang Rose yang diculik dan harus membuat resep-resep ajaib untuk Mr. Butter.

Bruno memang perancang grafis yang fokus pada detail. Ia juga seorang yang sangat berdedikasi pada profesinya. Saat dipercaya menangani sebuah sampul buku, ia akan selalu berhubungan dengan penerbitnya, agar benar-benar tahu yang diinginkan penerbit terhadap rancangan sampul buku yang diminta. Meski begitu, Bruno meminta kebebasan penuh dalam menentukan subjek ilustrasi, angle, dan tipografi.

Bersama Francesca, yang juga istrinya, Bruno mendirikan DOT, sebuah studio desain grafis yang berbasis di Milan, Italia. Lebih dari 300 sampul buku telah ia rancang, namun Bruno selalu bergairah tiap kali disodorkan buku untuk ia rancang sampulnya. Beberapa penghargaan yang telah Bruno raih untuk rancangan sampulnya antara lain: Golden Kite Award for Nonfiction dan Orbis Pictus Award for Outstanding Nonfiction for Children.

Selain seri Bliss Bakery, sampul buku yang pernah Bruno rancang di antaranya: Serial Scary Tales (James Preller), serial School for Good and Evil (Soman Chainani), serial Ullysses Moore (Pierdomenico Baccalario), The Splinders (Lauren Oliver), serial Sherlock, Lupin, and Me (Irene Adler), Unnatural Creatures (Neil Gaiman), termasuk serial Harry Potter edisi bahasa Jerman, dan… masih banyak lagi. Silakan menikmati sebagian rancangan sampul buku Bruno di: www.iacopobruno.blogspot.com. Selamat ber-wow dan wow. [svm/rdy]

Imbauan Bagi Penulis: Berkawan Baiklah Dengan Editor

24/07/2018

Lima Buku yang Membuat Liurmu Banjir Saat Membaca

24/07/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *