A Heartworker: Bekerja dengan Hati

Kita hidup dari apa yang kita dapatkan dan kita bahagia dari apa yang kita berikan.” –Gobind Vashdev

Sudah lebih dari empat tahun Gobind Vashdev  ‘nyeker’ alias tidak pakai alas kaki ke mana pun pergi.  Telapak kakinya bahkan pernah dibiarkan menyentuh langsung dinginnya salju beku di Jepang. Sungguh bukan hal mudah dan menyiksa.

Terapis, motivator dan penulis itu memilih tanpa alas kaki untuk mendekatkan diri pada alam. Memilih  ‘nyeker‘  sungguh kontras dengan  kebanyakan orang yang justru merasa bangga dan bahagia jika beralaskan sepatu mahal, atau merek terkenal. Bagi Gobind,  tanpa sepatu pun hatinya tetap bahagia. Karena letak bahagia itu bukan di kaki, tapi di dalam hati, sebagaimana judul buku best seller-nya, Happiness Inside yang terbit tahun 2012.

Letak kebahagiaan itu ada dalam sikap memberi, sebagaimana kutipan di awal tulisan ini. Itu sebabnya, Gobind memberikan hasil penjualan buku Happiness Inside yang sudah 19 kali cetak ulang, kepada program kemanusiaan. Dia juga ‘memberi’ kepada alam berupa pohon (menanam pohon) sebanyak jumlah buku yang terjual sebagai pengganti jasa pohon yang telah banyak ditebang dan dijadikan kertas. Bukan hanya itu, di situs pribadinya, www.gobindvashdev.com, dia  menulis, “Semua tulisan Gobind adalah copyleft, silakan mengutip dan menyebarluaskan semua tulisan tanpa ijin dan tanpa mencantumkan nama Gobind, karena pesan yang bijak itu lebih penting daripada siapa yang menciptakannya.”

Bukan uaAwal acara (43)ng yang ia cari, karena dia melakukan segala dengan hati, sebagaimana dia menjuluki dirinya sendiri, seorang pekerja hati (heartworker). Happiness Inside  yang laris manis sudah menginspirasi banyak orang, tapi Gobind Vashdev masih punya banyak hal yang ingin dibagi. Dia memang selalu bersemangat membagi kebaikan sehingga terus  produktif  untuk situs pribadinya. Dan di awal tahun 2017 ini, Gobind sudah menerbitkan buku terbarunya, 99 Wisdom: Kumpulan Kisah Pemberi Makna.

Untuk buku kedua Gobind bersama Noura Publishing ini, seniman kopi Ghidaq Al-Nizar terlibat dalam pembuatan desain sampul buku yang cantik, berlatar warna putih bersih, dan terlihat segar. [rst]