AUTHOR - GEORGETTE

Bila Alfred Hitchcock adalah penulis novel detektif, Jane Austen penulis novel roman, maka Georgette Heyer adalah perpaduan keduanya. Heyer sang penulis asal Wimbledon, Inggris, adalah salah satu penulis dunia dengan kemampuan menulis berbagai genre. Lebih dari 50 novel telah ditulisnya meliputi genre regency romance, georgian romance, historical romance, dan novel detektif.

Processed with VSCO with c1 preset

Georgette Heyer utamanya terkenal sebagai penulis regency romance,  yaitu novel dengan setting Inggris pada era 1811-1820.  Di genre ini, novelnya yang paling terkenal adalah Regency Buck (1935), dan Arabella (1949).  Dia juga menulis 24 novel lainnya selama lima dekade karier kepenulisannya.

Heyer yang lahir tahun 1902, mengaku banyak dipengaruhi Jane Austen–sang ratu regency romance.  Novel romannya masih diterbitkan ulang hingga sekarang, termasuk di  Indonesia. Beberapa judul novel roman yang ditulisnya mendunia, dan masih tetap banyak dibaca orang, misalnya saja The Convenient Marriage (1934), dan The Talisman Ring (1936), yang kini dikategorikan roman klasik. Setidaknya ada delapan judul novel roman klasik yang ditulis Heyer, yang telah diterjemahkan ke dalam 10 bahasa.

Processed with VSCO with c1 preset

Bakat lain kepenulisan Heyer adalah menulis genre detektif. Dibantu suaminya yang memberikan gagasan plot, Heyer  mengembangkan kisah menjadi novel detektif yang cemerlang. Dalam genre ini, Heyer menulis Footsteps in the Dark (1932), Why Shoot a Butler (1933), The Unfinished Clue (1934), dan sembilan judul lainnya.

Satu hal lagi, Heyer menulis novel roman sejarah di saat kariernya berkilau sebagai penulis roman. Tak sedikit yang melontarkan kritik. Meskipun begitu, Heyer juga mendapat pujian karena mampu mengorek detail sejarah yang akurat dalam The Infamous Army (1937).  Enam judul novel yang dihasilkannya antara lain The Conquerer dan My Lord John. The Conquerer berkisah tentang tahun-tahun pertama kepeminpinan Raja William I, sedangkan My Lord John adalah kisah tentang John of Lancaster, saudara lelaki Raja Henry V. My Lord John adalah karya terakhir Heyer, yang tak sempat diselesaikan, tapi tetap  diterbitkan tahun 1975, setahun setelah Heyer meninggal dunia. [rst]