Tru and Nelle

Di jajaran penulis sastra Amerika, nama Truman Capote dikenal sebagai pelopor sastra jurnalis. Capote menguak kasus pembunuhan terhadap sebuah keluarga di sebuah kota kecil di Kansas, dan membuat laporan dalam bentuk cerita tak ubahnya sebuah novel, berjudul In  Cold Blood. Karya ini dipuji sebagai karya jurnalis menarik.

In Cold Blood menarik sutradara Bennet Miller dan mengangkatnya ke layar lebar di tahun 2005. Filmnya pun sukses menuai pujian, dan menghasilkan Oscar bagi Phillipe Seymour Hoffman yang berperan sebagai Truman Capote.

Yang menarik, dalam kegamangannya mengungkap kasus pembunuhan tersebut, Capote kerap berdiskusi dengan Harper Lee.  Ternyata, “Nelle” Harper Lee adalah sahabat masa kecil Capote. Mereka sama-sama dibesarkan di kawasan pedesaan di Alabama. Yang lebih menarik, di masa dewasa, mereka sama-sama menjadi  penulis yang disegani, Capote dengan karya legendarisnya  Breakfast at Tiffany dan In Cold Blood, sedangkan Harper Lee dengan To Kill a Mocking Bird dan Go Set a Watchman.

***

Pada tahun 2005, G. Neri menonton In Cold Blood.  Dia mengagumi sosok Truman Capote dan terkesima akan kemunculan Harper Lee sebagai sahabat baik Capote. Tiba-tiba dia mendapat ilham untuk membuat kisah persahabatan dua penulis yang dikaguminya itu. Dan mulailah dia melakukan riset data serta mencari narasumber yang pernah mengenal Truman Capote dan Harper Lee.

Neri beruntung mendapatkan narasumber penting: sepupu Capote yang banyak memberinya informasi. Maka diapun segera menggarap sebuah kisah imajinatif, persahabatan dua anak bernama Tru dan Nelle, di era awal tahun 60-an, ketika diskriminasi warna kulit di Amerika Serikat dalam masa kritis.

Capote dan Lee sama-sama anti rasisme, dan sama-sama penggila novel detektif Sherlock Holmes. Bagaimana Capote  dan Nelle Harper Lee mengisi masa kecil mereka di era yang tak menyenangkan itu? G. Neri mengungkapkannya dalam imajinasi yang syahdu dalam novel Tru & Nelle. Siapa sangka, persahabatan masa kecil itu mengantarkan Harper Lee menulis To Kill a Mockingbird dan menyabet Pulitzer? [rst]