grandmother

Pengasuhan anak seringkali tak terlepas dari peran nenek dan kakeknya. Di Indonesia adalah lumrah anak diasuh nenek dan kakeknya ketika orangtua bekerja. Di Amerika Serikat, pengasuhan seperti itu tidak lazim, tapi kelekatan anak terhadap cucunya tetaplah penting.

Sebuah studi di Boston College menyatakan, kedekatan cucu dengan nenek dan kakeknya berpengaruh terhadap tingkat stres.  Semakin dekat hubungan cucu dan nenek-kakeknya, tingkat stres kedua pihak semakin rendah.

Bagaimana dengan Eropa? Di sejumlah negara Eropa, pengasuhan anak oleh nenek dan kakeknya biasa dilakukan.  Di Italia dan Yunani, satu dari lima nenek mengasuh cucunya setiap hari ketika orangtuanya bekerja. Di Perancis, Swedia, dan Belanda, lebih dari 60 persen nenek dan kakek siap menjadi pengasuh pengganti. Di Inggris, lebih dari 63 persen juga melakukan hal yang sama.

Hubungan nenek-kakek dan cucu adalah hubungan sangat spesial.  Banyak tokoh terkenal  yang dibesarkan nenek kakeknya, termasuk Bill Clinton, Barack Obama, Oprah Winfrey, Jack Nicholson dan sederet nama lainnya. Barack Obama pernah menuliskan kekagumannya terhadap kakeknya yang berkulit putih dalam memoar Dreams from My Father, sebagai sosok pembela baginya. Kakeknya selalu bangga kepada Obama—cucunya yang berkulit hitam meskipun banyak orang tak memercayainya. Obama lahir di tahun 60-an, di masa perbedaan warna kulit masih dipermasalahkan.

Kalau Obama menceritakan bagaimana hubungan dengan nenek dan kakeknya yang hangat di lingkungan Hawaii era tahun 70-an, Fredrik Backman, penulis Swedia, mengisahkan hubungan spesial cucu dan neneknya di masyarakat Swedia era internet pada masa kini.

Elsa, gadis cilik berusia delapan tahun yang bertetangga dengan sang nenek, setiap hari berinteraksi dengan neneknya. Mereka sering berdebat mengenai masalah-masalah perbedaan generasi. Di balik pertengkaran-pertengkaran kecil mereka, sesungguhnya ada ikatan kasih sayang yang besar.  Ketika sang nenek tiada dan berpesan untuk menyampaikan beberapa surat permintaan maaf bagi sejumlah sahabat, Elsa kecil melaksanakan amanat itu. Kisah pun berubah menjadi haru, My Grandmother’s Asked Me to Tell You  She’s Sorry pun meledak hingga ke luar Swedia. [rst]