terabithia

Pernah membaca buku harian Anne Frank? Umumnya pembaca akan merasa iba kepada Anne Frank dan keluarganya yang menjadi korban pemusnahan etnis Yahudi di masa Nazi menduduki Jerman.  Siapa sangka, buku harian tersebut pernah dilarang di beberapa sekolah di Virginia, AS. Salah satu alasannya adalah catatan tersebut terlalu menyesakkan. Ada juga yang berpendapat, catatan harian remaja 15 tahun itu lebih cocok untuk pembaca dewasa, bukan konsumsi anak sekolah.

Selain Diary of Anne Frank, ada sejumlah buku klasik anak yang mendunia dan dipuji karena muatan ceritanya yang bagus, tetapi ditentang sejumlah pihak dengan pelbagai alasan aneh. Begitulah,  pro dan kontra akan suatu karya, termasuk tulisan, akan selalu ada. Suka atau tidak suka adalah wajar. Berikut daftar sejumlah buku klasik yang sempat dilarang beredar di beberapa wilayah di AS.

Where’s Waldo (Martin Handford)

where's waldo

Buku anak bergambar ini dilarang beredar tahun 1987, karena memuat gambar vulgar. Setelah direvisi, buku ini kembali dipublikasikan.

The Giving Tree (Shel Silverstein)

The_Giving_Tree

Buku favorit anak sedunia ini dilarang di sebuah perpustakaan di Chicago dan ditentang beberapa sekolah karena dianggap sebagai tindakan eksploitasi hutan.

Winnie the Pooh (A.A. Milne)

winnie

Yang dipermasalahkan adalah mengapa binatang bisa berbicara. Padahal, bukankah banyak buku lain atau film yang menampilkan  binatang yang berbicara? Lucu, ya?

James and The Giant Peach (Roald Dahl)

JamesAndTheGiantPeach

Dilarang dibaca siswa sebuah SD di Texas, karena memuat satu kata kasar.

Harriet the Spy (Louise Fitzhugh)

harriet

Dilarang di sejumkah sekolah karena dianggap mengajarkan anak berbohong, melawan, memata-matai, dan memaki.

Bridge to Terabithia (Katherine Paterson)

bridge

Buku anak ini dilarang di sejumlah sekolah di Pennsylvania pada tahun 1996, karena dianggap mengajarkan anak tak menghormati orang dewasa dan menampilkan dunia fantasi yang membingungkan. Ironisnya, buku ini justru mendapat penghargaan Newbery Medal pada tahun 1978.  Anda bisa memberikan penilaian sendiri atas buku ini, kalau sudah membaca Bridge to Terabithia versi bahasa Indonesianya. [rst]