(Si)apa itu Brom Stoker Award?

Sejak tahun 1987, Asosiasi Penulis Horor (HWA – Horror Writers Association) memberikan penghargaan bagi karya-karya penulisan horor dan dark fantasy. HWA sendiri adalah perkumpulan penulis novel horor dan dark fantasy yang setiap tahun memberikan penghargaan bukan kepada karya terbaik, tapi kepada karya yang berhasil memperoleh pencapaian baik dalam berbagai kategori.

sumber: leepeacock2010.blogspot.co.id
sumber: leepeacock2010.blogspot.co.id

Nama penghargaan Bram Stoker dipilih sebagai penghormatan kepada sang penulis kisah Dracula yang legendaris dalam dunia kepenulisan horor.  Bukan hanya itu, penghargaan ini berbentuk replika rumah hantu sang drakula, didesain oleh seniman patung Steven Kirk. Nama peraih penghargaan bisa dilihat ketika bagian pintu rumah tersebut dibuka.

Semua penulis pemula yang menerbitkan kisah horor berkesempatan mendapatkan penghargaan ini di tahun pertama karyanya diterbitkan, asalkan mereka terdaftar sebagai anggota HWA.

Ada beberapa kategori yang bisa mendapatkan penghargaan ini, yaitu kategori novel, novel pertama, cerita pendek, cerita bersambung, puisi, novel kategori dewasa muda, kumpulan puisi, antologi, skenario film, novel grafis, dan nonfiksi.

Para pemenang dipilih  melalui pemungutan suara oleh anggota aktif HWA.  Tahun ini HWA belum mengumumkan para peraih penghargaan tahunan Bram Stoker. Penghargaan terakhir tahun 2016, diberikan bagi karya-karya terpilih di tahun 2015, antara lain adalah kategori novel yang dimenangi A Head Full of Ghosts, karya penulis Paul Tremblay, yang kini sudah diterbitkan di Indonesia.

a head full of ghostsNovel ini berkisah tentang keluarga Barrets yang porak poranda karena seorang anggota keluarga terdeteksi gangguan jiwa. Anak remaja 14 tahun bernama Marjorie berulah aneh dan bersikap seolah dia merupakan roh penunggu rumah yang berada di pinggiran New England. Kehidupan keluarga mereka  tampil dalam acara televisi The Possession.

Semua anggota HWA diperkenankan mengajukan karya siapa pun untuk dinominasikan, dengan syarat karya tersebut adalah karya anggota HWA. Nominator  lain dipilih oleh para juri HWA. Pemungutan suara dilakukan dua kali, pertama untuk menentukan nominator unggulan, dan pemungutan suara yang kedua adalah untuk menentukan pemenang. Bagi Paul Tremblay, ini adalah pertama kalinya meraih Bram Stoker Award, setelah dua kali menjadi nominator. [rst]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>