A Man Called Ove

“Mencintai seseorang bisa disamakan dengan pindah ke sebuah rumah.”

Itulah yang dulu biasa dikatakan istri Ove.

“Mulanya kau jatuh cinta dengan semua barang barunya, setiap pagi merasa takjub karena semuanya ini milikmu, seakan khawatir seseorang akan mendadak masuk untuk menjelaskan bahwa telah terjadi kesalahan mengerikan, seharusnya kau tidak tinggal di tempat seindah ini. Lalu, bertahun-tahun kemudian, dinding rumahnya menjadi lapuk, kayunya pecah di sana sini, dan kau mulai mencintai rumah itu bukan karena semua kesempurnaannya, tapi lebih karena ketidaksempurnaannya. Kau mulai mengenal semua sudut dan celahnya. Bagaimana cara menghindari kunci tersangkut di lubangnya ketika udara di luar dingin. Papan-papan lantai mana yang sedikit meleyot ketika diinjak, atau bagaimana cara membuka pintu lemari pakaian tanpa berderit. Semuanya ini adalah rahasia kecil yang menjadikan rumah itu sebagai rumahmu.”

Banyak hal yang bisa kita diskusikan dari buku setebal 448 halaman karya Fredrik Backman ini. Laki-laki tua menyebalkan yang sering menggerutu dan suka memarahi orang-orang yang melanggar aturan. Namun di balik omelan dan kata-katanya yang kasar, tersimpan ketulusan dan kebaikan yang berhasil menghangatkan hati orang-orang yang pernah mengenal Ove.

Noura Books bekerja sama dengan Koran Sindo menggelar diskusi yang akan membincangkan buku A Man Called Ove serta tips dan trik menulis resensi buku di media. Pada sesi bincang buku, teman-teman akan ditemani oleh Kakak Editor dari Noura Books, Yuke Ratna P., dan juga Truly Rudiono yang merupakan seorang blogger dan penggiat buku.

Nah, untuk sesi kedua, CEO Noura Books, Ibu Pangestuningsih, ditemani oleh Donatus Nador, Redaktur Koran Sindo, akan dengan senang hati berbagi tips dan trik dalam menulis resensi buku di media. Seperti yang kita ketahui bahwa menulis resensi agar tembus ke media nasional itu nggak mudah lho. Pastikan kamu nggak melewatkan kesempatan ini ya.

Untuk menghadiri diskusi ini, syaratnya teman-teman harus membuat resensi buku A Man Called Ove terlebih dahulu. Kalau belum punya bukunya, kamu bisa mengumpulkan sumber-sumber yang ada dari Goodreads, Wikipedia, maupun review yang sudah ditulis oleh para blogger lebih dulu. Tentu saja alangkah lebih baik kalau kamu baca bukunya langsung. 😉

Teman-teman bisa menghubungi Seruni (081218084741) atau Riko (087881527517) via SMS yang berisi nama dan asal institusi/sekolah/kampus/komunitas. Acara ini gratis dan terbuka untuk umum. Resensi yang sudah teman-teman buat, harap dibawa pada hari Selasa, 17 Mei 2016 ke lokasi acara di Gedung Sindo, Jl. KH Wahid Hasyim No. 36-38 Jakarta Pusat. Ada hadiah menarik untuk resensi terbaik yang kami pilih! 😀

Kami tunggu kedatanganmu ya, sobat Noura!