beasiswa-mizan

Mizan kembali meluncurkan program Beasiswa Mizan. Seperti sejarah Mizan yang dilatarbelakangi oleh semangat berpikir dan berkarya di kalangan mahasiswa, Mizan telah menaruh perhatian besar untuk mendorong gairah menghasilkan karya tulis berkualitas di kalangan kampus, salah satu caranya adalah dengan memberikan beasiswa.

Mizan percaya perogram beasiswa ini bisa menjadi pemantik munculnya karya-karya genuine di kalangan mahasiswa.

TEMA PENELITIAN:

Penelitian karya akhir yang harus bertemakan studi keislaman ditinjau dari pelbagai aspeknya (ajaran filsafat, sosial, politik, ekonomi, budaya, sejarah, teknologi, sains dan lain-lain).

Ketentuan Umum:

  1. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang tengah menyelesaikan studi akhir: skripsi, tesis, dan disertasi.
  2. Peserta mengirimkan proposal skripsi, tesis, dan disertasinya yang telah disetujui dan direkomendasikan oleh pembimbing, dekan fakultas (direktur program pascasarjana)
  3. Pemilihan berkaitan dengan tema-tema keislaman dari bidang studi apa pun.
  4. Dewan redaksi Mizan akan melakukan seleksi awal dari proposal terpilih kemudian akan dinilai oleh dewan juri.
  5. Karya pemenang akan dipertimbangkan untuk diterbitkan oleh Mizan.
  6. Proposal diterima paling lambat 31 Desember 2016

Persyaratan Administratif:

  1. Warga negara Indonesia
  2. Sedang melakukan penelitian untuk studi akhir
  3. Mengirimkan proposal penelitian
  4. Memiliki IPK minimum 2.75 untuk mahasiswa program S1 dan 3.0 untuk mahasiswa program S2 dan S3 yang ditunjukkan dengan transkip nilai terakhir
  5. Menyertakan surat rekomendasi dari Dekan untuk mahasiswa program S1 dan Direktur Pascasarjana untuk mahasiswa program S2 dan S3
  6. Belum pernah mendapatkan beasiswa Mizan sebelumnya
  7. Proposal yang masuk menjadi milik panitia dan tidak dikembalikan

Tata Cara Pengiriman Karya Peserta:

Mengirimkan via pos hasil karya peserta dalam bentuk print out ke Panitia Beasiswa Mizan:

Mizan Publika
Gedung Ratu Prabu 1 Lt. 6
Jl. TB. Simatupang Kav. 20 Jakarta Selatan 12560

Pengiriman karya harus disertai kelengkapan administrasi pendukung seperti:

  • Kartu Tanda Mahasiswa
  • Kartu Tanda Penduduk
  • Foto diri ukuran 3 x 4 berwarna
  • Daftar riwayat hidup (CV) lengkap dengan alamat e-mail dan nomor telepon
  • Transkrip nilai terakhir
  • Surat keterangan rekomendasi dari pembimbing dan Dekan untuk mahasiswa program S1 dan Direktur Pascasarjana untuk mahasiswa program S2 dan S3
  • Surat kesediaan mengikuti beasiswa

Pengumuman penerima Beasiswa Mizan akan dilakukan paling lambat akhir Januari 2017


“Membaca 33 proposal skripsi, tesis dan disertasi, saya tidak bisa lain kecuali mengagumi imajinasi intelektual yang terkandung atau tercermin dalam masing-masing proposal tersebut. Mereka yang menang Beasiswa Mizan kali ini sedikit banyak memiliki cutting edge dibanding yang lain-lain. Tahniah kepada para pemenang, dan agar menghasilkan karya yang publishable, sehingga dapat menjadi kontribusi penting pada Kajian Islam. Kepada mereka yang belum beruntung, agar tetap mengembangkan imajinasi dan kreativitas intelektualnya, sehingga juga menghasilkan karya terbaik” (Prof. Azyumardi Azra, CBE, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, anggota Tim Juri Beasiswa Mizan 2016).

“Mestinya jumlah pemenang beasiswa diperbesar lagi mengingat banyak proposal yang bagus-bagus kualitasnya, namun tidak terakomodasi. Membaca proposal skripsi, tesis dan disertasi yg diterima dewan juri, saya sangat terkesan dengan keseriusan penulisnya untuk menggali dan mengangkat isu-isu keislaman dengan pendekatan kritis-ilmiah, bukan semangat ideologis dan menggurui. “(Prof.Komaruddin Hidayat, Ph.D. Guru Besar Fak. Psikologi UIN Syarif Hidayatullah, anggota Tim Juri Beasiswa Mizan 2016)