ASEAN Literary Festival

ASEAN Literary Festival merupakan event pertama yang mengumpulkan para penulis dari negara-negara di Asia Tenggara di mana mereka saling berbagi dan mengumpulkan gagasan mengenai bagaimana penulis dapat berkontribusi terhadap kemajuan masyarakat. Kesepuluh negara yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) adalah penerus dari warisan budaya di Asia Tenggara yang diperkaya oleh pengaruh dari kebudayaan India, China, dan Timur Tengah.

Berbekal semangat untuk mewujudkan visi tersebut, ASEAN Literary Festival 2014 pun dirancang pertama kali sebagai panggung bagi penulis, seniman, dan tokoh masyarakat untuk saling mengenal lebih dalam satu sama lain. Hingga akhirnya mereka merasakan kesamaan visi bahwa program tersebut harus dilanjutkan demi menjangkau khalayak yang lebih luas lagi.

Negara-negara ASEAN memiliki banyak aspek yang dapat dibanggakan—termasuk di antaranya adalah prestasi para penulis dan sastrawan lokal. Sayangnya, kehidupan para penulis serta kerja keras di balik kesuksesan mereka jarang mendapat sorotan maupun dukungan.

Rangkaian acara ASEAN Literary Festival akan dibuka pada tanggal 5 Mei 2016 dengan menghadirkan penerima Nobel Perdamaian sekaligus mantan presiden Timor Leste, José Ramos Horta. Beliau akan menyampaikan opening lecture yang merupakan tradisi setiap acara pembukaan ASEAN Literary FestivalAcara ini terbuka untuk umum, siapa pun yang memiliki ketertarikan di bidang literasi dapat mendatangi lokasi acara yang bertempat di Taman Ismail Marzuki. Ada beragam agenda menarik yang dapat dihadiri dari tanggal 5 hingga 8 Mei 2016.

Salah satu sastrawan lokal yang akan mendapat sorotan adalah Budi Darma, guru besar Universitas Negeri Surabaya sekaligus penulis kenamaan yang aktif sejak 1960an. Beliau mendapat penghargaan khusus yang akan diberikan pada malam penutupan ASEAN Literary Festival pada hari Minggu, 8 Mei 2016. Bertepatan dengan diberikannya penghargaan kepada Budi Darma, akan digelar pula peluncuran buku Orang-orang Bloomington yang telah dinanti-nanti kehadirannya sejak awal tahun 2016. Bagi teman-teman yang ingin hadir, informasi lengkap tentang rangkaian acara dapat dilihat di sini.