Siapa yang tak kenal dua penulis ini? Harper Lee adalah penulis To Kill a Mockingbird, yang meraih penghargaan Pulitzer pada tahun 1960. Sedangkan Truman Capote adalah penulis In Cold Blood, yang dikenal sebagai pelopor genre kriminal. Keduanya adalah karya yang memberi pengaruh pada dunia literasi. Mungkin tak banyak yang tahu kedua penulis buku bersahabat sejak kecil. Dan… ada banyak fakta menarik lho tentang persahabatan mereka, berikut ini adalah 7 di antaranya.

Harper Lee & Truman Capote
  1. Lee dan Capote sama-sama sangat suka membaca, dan sering kali mereka membaca bersama. Buku favorit mereka adalah Sherlock Holmes (Sir Arthur Donan Doyle), The Rover Boys (Edward Stratemeyer), dan buku-buku petualangan yang ditulis oleh Seckatary Hawkins.
  2. Capote berperawakan kecil dengan gaya busana yang berbeda dengan teman-temannya di sekolah, sementara Lee adalah gadis tomboy. Selama masa kecil mereka, Lee sering kali melindungi Capote dari bully.
  3. Ketika Lee dan Capote duduk di bangku SD, ayah Lee, AC Coleman memberi mereka sebuah mesin tik. Keduanya saling mendikte cerita dan mengetik dengan mesin tik tersebut.
  4. Baik Lee dan Capote memiliki hubungan yang kurang hangat dengan ibu semasa mereka kecil. Ibu Lee memiliki masalah psikis dan kondisi emosi yang mudah berubah-ubah, sedangkan ibu Capote mengabaikan Capote dan sering mengunci Capote di kamar hotel. Dia meninggalkan Capote di Monroeville untuk mengejar kehidupan di New York.
  5. Pada Desember 1959, ketika menunggu penerbitan novel pertamanya, Lee menemani Capote ke Holcomb, Kansas. Lee berperan sebagai “asisten peneliti” Capote, di mana dari perjalanan ini Capote menulis mahakaryanya, In Cold Blood.
  6. Pada tahun 1965, Lee menyunting naskah final In Cold Blood. Padahal beberapa bulan sebelumnya, Lee mengalami luka pada tangannya sehingga sulit menulis.
  7. Sebelum To Kill a Mockingbird rilis pada tahun 1960, Capote dengan bangga mengabarkan teman-temannya bahwa novel Lee tersebut akan terbit dan Lee menjadikan Capote sebagai tokoh Dil.

Menarik ya persahabatan dua penulis ini? Kalau mau tahu lebih banyak kisah persahabatan masa kecil mereka, ada lho di buku Tru & Nelle yang ditulis oleh G. Neri. Siapa tahu ada banyak inspirasi yang bisa kita dapat dari persahabatan mereka. :) [Rdy]