Sejak Gone Girl yang ditulis Gillian Flynn menjadi hit dunia perbukuan di tahun 2012, novel bergenre Domestic Noir bermunculan dari penulis lainnya. Dari sekian banyak novel tersebut, Ben East, seorang penulis fiksi kriminal, memilih 5 novel terbaik, yang dipublikasikan di situs The National.

Inilah kelima novel terbaik itu beserta ringkasan ceritanya.

  1. Gone Girl, Gillian Flynn, 2012.

Amy memillih meninggalkan suaminya karena merasa jiwanya terancam.  Keretakan hubungannya dengan Nick dipicu masalah ekonomi. Tapi rupanya itu hanya akal-akalan Amy agar Nick dijadikan tersangka oleh pihak berwajib. Amy sendiri mengasingkan diri, tapi akhirnya keluar dari persembunyiannya untuk meninggalkan jejak kejahatan lain yang dilakukannya.

  1. The Girl on The Train, Paula Hawkins, 2014.

Meskipun sudah berpisah dengan Tom, Rachel masih mengamati bahkan kadang merecoki kehidupan mantan suami dan istri barunya.  Rachel yang pemabuk tanpa sengaja menjadi saksi dari kasus hilangnya seorang wanita yang melibatkan Tom.

rachel

  1. How to Be A Good Wife, Emma Chapman.

Marta menikah Hector selama 20 tahun dan menjalani perannya sebagai istri yang baik. Ia rutin mengonsumsi obat sehubungan dengan kesehatan mentalnya. Tetapi, setelah dia memutuskan berhenti mengonsumsinya tanpa sepengetahuan Hector, ingatan akan jati dirinya mulai tampak jelas. Marta pun menuntut kejujuran Hector, tapi hal itu jstru mengancam keselamatan hidupnya.

  1. The Silent Wife, ASA Harrison, 2015.

Jodi adalah istri yang memilih diam mengetahui ketidaksetiaan suaminya, Todd.  Dia menyibukkan diri dengan urusan rumah, dan dia juga rutin menjalani terapi  kepada psikiater. Tapi, ketika Todd meninggalkannya, Jodi pun bertindak.

  1. The Couple Next Door, Shari Lapena.

Pasangan suami istri Anne dan Marco kehilangan bayi mereka ketika mereka diundang makan malam di tetangga sebelah rumah.  Kedua pasangan yang bersedih  itu harus merasakan derita psikologis lebih berat, karena mereka justru dipersalahkan mendalangi aksi penculikan.

Novel Gone Girl dan The Girl on The Train masing-masing terjual lebih dari 15 juta eksamplar di seluruh dunia. Kedua novel ini sudah difilmkan dan dirilis, sedangkan The Silent Wife kini dalam proses penggarapan, dibintangi oleh Nicole Kidman. Kita tunggu filmnya, ya? [rst]